Saturday, July 22, 2017

Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri



Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri - Hai sobat – sobat RBI! Apakah kalian baru lulus dari sekolah menengah atas? Ataukah kalian sedang duduk di bangku kuliah? Beasiswa merupakan hal yang sangat didamba – dambakan oleh setiap siswa. Baik beasiswa dalam maupun luar negeri banyak diburu dan dicari oleh para pencari beasiswa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri bukanlah merupakan yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini saya akan memberikan tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri



Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

1. Buatlah Dirimu Excellent Di Bidang Akademis
Buat kalian yang ingin mendapatkan beasiswa, mulailah dari sekarang untuk meningkatkan nilai akademik kalian. Buat kalian yang masih di bangku SMA, kalian masih punya banyak kesempatan untuk meningkatkan nilai untuk mendaftar beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Jika nilai akademik kalian bagus, maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pun lebih besar.

2. Aktif Organisasi Itu More Excellent
Nilai bagus saja belum tentu cukup untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri. Para penyedia beasiswa biasanya akan melirik mereka yang tidak hanya memiliki nilai akademik bagus, tetapi juga aktif di organisasi. Kamu tidak perlu mengikuti gerakan – gerakan yang besar seperti partai politik, cukup dengan mengikuti organisasi di sekolah atau kampus kalian dengan aktif maka hal tersebut visa menjadi poin plus buat diri kalian.

3. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asingmu
Untuk mendaftar beasiswa di luar negeri, hal penting selanjutnya yang mereka pertimbangkan adalah kemampuan bahasa asing. Untuk dapat menimba ilmu di negeri orang, kita harus dapat menguasai bahasa mereka agar kita bisa survive. Bahasa asing utama yang pasti diminta oleh mereka penyedia beasiswa adalah Bahasa Inggris. Persyaratan bahasa asing itu sendiri berbeda – beda dari setiap universitas. Akan tetapi, untuk mengambil level amannya kalian harus berusaha agar Bahasa Inggris kalian baik dengan nilai TOEFL lebih dari 550 dan nilai IELTS kalian diatas 6,5.

4. Jangan Ragu Untuk Jadi Relawan
Menjadi relawan? Males ah mending dirumah. Eits! Ini adalah kata – kata yang harus dihindari. Menjadi relawan bukan merupakan hal yang buruk, malah kalian akan mendapatkan banyak manfaatnya. Selain dapat membantu orang lain, dengan menjadi relawan kalian akan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat menjadi poin plus buat kalian yang ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri karena penyedia beasiswa terutama di daerah Eropa akan melirik mereka yang berjiwa sosial tinggi.

5. Temukan Orang Yang Dapat Memberimu Rekomendasi Yang OK
Mulailah cari teman atau kenalan yang dapat membantu kalian agar dapat memberikan rekomendasi yang bagus mengenai diri kalian. Bukan hal yang tidak mungkin jika para penyedia beasiswa akan menanyakan langsung kepada atasan kalian di tempat kerja, atau pengajar kalian di sekolah atau di universitas mengenai diri kalian di dunia nyata. Jadi, mulai sekarang jalinlah hubungan yang baik, baik dengan atasan maupun dengan pengajar kalian.

6. Buatlah CV Mu Se-Informatif Mungkin
Para penyedia beasiswa akan mengetahui mengenai diri kalian melalui CV yang kalian buat. Dalam membuat CV, berusahalah agar membuat CV informatif yang berisi semua data diri kalian, riwayat pendidikan formal dan non – formal, pengalaman bekerja, dan yang lainnya. For your information, salah satu contoh CV yang informatif yaitu CV Europass.

7. Buatlah Motivation Letter Yang Dapat Menjual Dirimu
Langkah selanjutnya yaitu kalian harus dapat mmebuat surat motivasi yang bagus. Motivation letter ini berisi alasan mengapa kalian mengambil bidang studi yang kalian pilih. Alasan kalian akan menunjukkan siapa kalian sebenarnya dan seberapa cinta nya kalian terhadap bidang studi tersebut. Jika kalian ada pengalaman di bidang studi tersebut maka cantumkanlah sebagai poin tambah.

8. Sering – Seringlah Berlatih Untuk Interview
Jika kalian lulus tahap pemberkasan, maka kalian akan dipanggil untuk melakukan wawancara. Kalian akan dihadapkan dengan panelis dari negara pemberi beasiswa. Sebaiknya beberapa hari sebelum wawancara kalian harus membiasakan diri untuk berbicara dalam Bahasa Inggris karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan mereka juga ingin melihat kemampuan Bahasa Inggris kalian. Selain Bahasa Inggris, persiapkan juga alasan – alasan mengapa memilih bidang studi tersebut.

9. Tunjukkan Bahwa Beasiswa Ini Dapat Memberikan Kontribusi Bagi Indonesia
Sikap egois sebaiknya dihilangkan jika kalian ditanya mengenai alasan kalian ingin mendapatkan beasiswa ini. Kalian sebaiknya menjawab bahwa dengan mendapatkan beasiswa ini kalian memberikan kontribusi bagi lingkungan kalian berupa ilmu yang bermanfaat atau yang lainnya. Para penyedia beasiswa akan tertarik kepada orang yang memiliki visi yang luas dan bermanfaat.

10. Jangan Menyerah!
Tips yang terakhir yaitu besarkan dan kuatkan hatimu. Jika kalian telah melakukan yang terbaik yang kalian bisa, tugas kalian selanjutnya adalah menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Jika kalian diterima hal tersebut merupakan kabar gembira, akan tetapi jika belum diterima maka kalian jangan menyerah dan coba dan coba lagi! Tetap semangat!

Demikianlah beberapa tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian yang akan mendaftar beasiswa, khususnya beasiswa ke luar negeri.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.