Monday, July 24, 2017

5 Games untuk Mengajar Bahasa Inggris



5 Games untuk Mengajar Bahasa Inggris - Hai sahabat – sahabat RBI! Mengajar sebuah bahasa kepada para siswa bukanlah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahasa adalah hal yang harus dibiasakan dan diucakan terus – menerus agar seseorang dapat menguasai suatu bahasa. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak dipelajari di Indonesia. Dalam mengajar Bahasa Inggris, para guru biasanya memiliki metode dan teknik tersendiri, salah satunya adalah menggunakan permainan atau games. Berikut ini saya akan menyajikan beberapa Games untuk mengajar Bahasa Inggris.

5 Games untuk Mengajar Bahasa Inggris
 

 5 Games untuk Mengajar Bahasa Inggris


 How Many Words Do You Get?
Permainan ini mengharuskan siswa untuk membuat kata sebanyak – banyaknya berdasarkan sebuah kata yang disebutkan oleh guru. Memainkan game ini tidak terlalu sulit, guru hanya perlu untuk menyediakan kata dan papan tulis. Cara memainkan game ini yaitu guru harus membuat siswa menjadi beberapa kelompok atau berpasang – pasangan. Lalu guru menuliskan sebuah kata di papan tulis, misalnya TSUNAMI. Lalu, guru meminta para siswa membuat sebanyak – banyaknya kata yang dapat dibuat dari satu kata tersebut, berilah contoh jika para siswa belum mengerti, misal: ANT, MAIN, MAN. Guru harus memberi batas waktu untuk siswa membuat kata – kata tersebut. Berilah hadiah kepada siswa yang membuat paling banyak kata. Permainan ini baik untuk mengasah kerja sama dan meningkatkan perbendaharaan vocabulary siswa.


Whisper Race
Permainan ini sangat mudah dilakukan dan dapat mengasah ingatan atau memori siswa. Permainan ini dimainkan dengan guru membagi siswa menjadi dua tim. Kemudian, salah satu peserta dari masing – masing tim diberi daftar kata atau kalimat yang perlu mereka hafalkan. Kemudian peserta tersebut membisikkan daftar kata atau kalimat yang telah dihafalkan kepada peserta yang lainnya. Peserta yang terakhir harus menuliskan daftar kata atau kalimat yang dibisikkan tersebut di papan tulis dan menyebutkannya. Tim yang salah menuliskan dan menyebutkan kata akan dianggap kalah.


Market Game
Permainan ini melatih para siswa untuk membuat komposisi kalimat yang baik. Permainan ini merupakan permainan peran atau Role Play. Caranya mudah, yaitu guru harus bisa mengondisikan kelas menjadi ibarat pasar dengan setiap siswa atau beberapa kelompok siswa memiliki peran masing – masing. Setiap siswa akan mengadakan interaksi dalam Bahasa Inggris dan guru dapat menilai apakah kalimat yang mereka gunakan memiliki komposisi yang sudah baik atau belum.


Guessing Game
Permainan ini melatih kemampuan mendengar dan berbicara siswa, mulai dari level beginner hingga intermediate. Cara memainkan game ini pun mudah. Pertama – tama, guru membagi para siswa menjadi dua kelompok. Lalu, setiap kelompok memilih satu anggotanya sebagai perwakilan untuk maju ke depan kelas menghadap anggota kelompoknya masing – masing. Lalu guru memberikan tulisan kepada masing – masing kelompok yang wajib ditebak oleh perwakilan setiap kelompok yang berdiri di depan kelas dengan cara anggota kelompok yang duduk memberikan petunjuk yang berhubungan dengan kata yang dimaksud. Kelompok yang dapat menebak benda lebih dulu dianggap sebagai pemenang dan mendapat poin.


Flag of Self
Permainan ini melatih cara pengucapan kata para siswa dan menambah perbendaharaan kosakata mereka. Permainan ini cukup mudah untuk dimainkan dan guru harus menyiapkan bendera warna – warni terlebih dahulu. Guru membagi para siswa menjadi 2 atau beberapa kelompok. Lalu setiap kelompok berbaris menghadap bendera yang telah diletakkan oleh guru di ujung kelas. Guru membacakan sebuah kata dan siswa pertama dari setiap kelompok harus berlari untuk mengambil bendera dan berebut untuk duduk di sebuah kursi. Siswa yang berhasil untuk duduk di kursi tersebut lalu diminta untuk mengeja dan menuliskan kata yang disebutkan oleh sang guru di papan tulis. Jika kata yang dieja dan dituliskan benar maka kelompok tersebut mendapat poin.
Demikianlah beberapa Games yang digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian, khususnya kalian yang mengajarkan Bahasa Inggris kepada teman, atau pun para siswa. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.